Abstrak Penelitian

1. Studi Komputasional pada Mekanisme Oksidasi Selektif Metan ke Metanol Menggunakan Katalis Metal-Zeolit
Dr.Eng. Muhammad Haris Mahyuddin, S.T., M.Eng.

Dengan menurunnya cadangan minyak mentah sementara teknologi sumber energi terbarukan masalah dalam tahap pengembangan, pemanfaatan metan menjadi sangat penting mengingat ketersediaannya yang sangat melimpah di kandungan gas alam yang selama ini hanya dibakar di lokasi penambangan lepas pantai. Namun, karena menyimpan dan mengangkut gas metan untuk jarak jauh memerlukan tangki yang sangat besar dan kuat, perubahan langsung metan pada suhu rendah ke bentuk cair seperti metanol langsung di lokasi penambangan menjadi topik yang sangat hangat. Metanol memiliki potensi yang sangat besar sebagai sumber energi untuk memproduksi hidrogen dan pembawa energi untuk bahan bakar kendaraan atau direct methanol fuel cell (DMFC), serta untuk bahan baku kimia yang memproduksi olefin, hidrokarbon, bensin, dll.

Pada Peneltian ini, dengan menggunakan simulasi komputer berbasis Density Functional Theory (DFT) kami menyelidiki mekanisme perubahan metan ke metanol menggunakan katalis metal-zeolit (M/Z Cat) untuk memahami faktor-faktor yang dapat meningkatkan performa reaksi dan katalis ini. Beberapa metal potensial, seperti Fe, Co, Ni, Cu, dan Zn, diinvestigasi mulai dari kemampuannya membelah ikatan O-O pada O2 dan ikatan C-H pada CH4, serta kemampuan melepas produk metanol dengan mudah.

Dana Penelitian: Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi (P3MI) ITB, Program Penelitian Luar Negeri WCU ITB

English